Workshop Penulisan Artikel di Media Massa

Belajar Menulis Melalui

Workshop Pelatihan Penulisan Artikel di Media Massa

 

IPB melalui Direktorat Kajian Strategis dan Kebijakan Pertanian mengadakan Workshop dengan tema “Pelatihan Penulisan Artikel di Media Massa”. Workshop yang dilaksanakan pada tanggal 26 Mei 2014 di IPB International Convention Center menghadirkan 3 narasumber yang berasal dari kalangan akademisi dan media massa, yakni Prof. Dwi Andreas Santosa, Dr. Dodik Ridho Nurrochmat dan Ibu Ninuk Mardiana Pambudy dengan moderator Dr. Suryo Wiyono. Acara workshop ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan intensitas  dan kualitas gagasan/pemikiran dosen/lembaga di IPB dalam mewarnai wacana publik  dalam bidang pertanian di media massa.   Adapun tujuan khusus dari  kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dosen IPB menuliskan gagasannya di media massa dan meningkatkan  peran IPB dalam wacana publik tentang  pertanian di media massa.

Pada workshop pelatihan penulisan ini, Prof. Dwi Andreas Santosa, akademisi IPB yang tulisannya kerap dimuat di media massa, mempresentasikan mengenai Teknik Penulisan Opini untuk Media Massa. Beliau mengemukakan kaidah-kaidah yang diterapkan dalam proses penulisan, diantaranya adalah persoalan yang diangkat baiknya merupakan persoalan aktual yang menjadi isu di masyarakat, disamping itu tulisan yang dibuat hendaknya jauh dari kesan menghasut, mengadu domba, memfitnah dan memuat solusi persoalan yang ada. Adapun permasalahan yang diangkat baiknya didukung dengan fakta aktual dan data-data yang akurat, valid, dan reliable, mengingat penulis harus bertanggungjawab penuh atas artikel yang telah dihasilkannya. Prof. Dwi Andreas juga membagikan kiat-kiat khusus dalam penulisan artikel yaitu tema harus aktual, menyajikan sudut pandang baru, tulisan harus ringkas dan padat, sumber kutipan harus jelas, alinea tidak terlalu panjang, judul singkat cukup tiga kata, dan jangan patah semangat dalam menulis meskipun ditolak oleh media nasional.

 

Narasumber kedua adalah Dr. Dodik Ridho Nurrochmat, Direktur Kajian Strategis dan Kebijakan Pertanian IPB. Beliau memberikan pengantar mengenai Kiat-Kiat Menulis di Media Massa. Sebagai akademisi dan juga ahli kebijakan, Dr. Dodik mengawali presentasi dengan pemaparan mengenai mengapa sains gagal memengaruhi kebijakan. Beliau menjelaskan bahwa bagi policy maker maupun scientist, media massa memiliki peran yang sangat penting. Dimana policy maker ‘mendengar’ satu isu publik melalui media massa dan scientist menggunakan media massa sebagai salah satu media untuk diseminasi hasil penelitian maupun kegiatan yang telah dilaksanakan. Namun sayangnya bahasa scientist terkadang sulit untuk dipahami, sehingga banyak hasil-hasil penelitian yang tidak terdiseminasikan dengan baik dan tidak mampu memengaruhi satu kebijakan. Berdasarkan hal tersebut, maka Dr. Dodik memaparkan kiat-kiat dalam menulis di media massa agar  hasil-hasil penelitian, untuk kedepannya, bisa dikonsumsi oleh publik maupun policy maker. Dalam presentasinya, beliau juga mengemukakan beberapa prinsip penting dalam menulis, diantaranya: simplicity, unexpectedness, concreteness, credibility, emotions, stories, dan short.

 

Narasumber terakhir yang hadir dalam acara workshop pelatihan penulisan adalah Ibu Ninuk Mardiana Pambudy, Wakil Pemimpin Redaksi Kompas. Sebagai satu-satunya narasumber dari kalangan media massa, beliau menjelaskan seluk beluk menulis dan ‘dapur’ Kompas. Pada kesempatan ini, beliau menekankan pentingnya artikel yang pendek, jelas, dan padat. Disamping itu, penulis juga harus mengetahui media tujuan karena berkaitan erat dengan karakter media massa tersebut, audience, dan jenis tulisan yang biasa dimuat. Dalam penulisan juga perlu diperhatikan aktualitas isu, dimana isu-isu yang berkembang bisa merupakan isu terjadwal (misalnya hari lingkungan hidup), isu yang berkembang di masyarakat, dan gagasan baru. Guna melatih diri dalam menulis artikel, Ibu Ninuk menyarankan agar melatih diri melalui blog yang saat ini merupakan media yang sangat potensial, memperluas kosakata melalui membaca novel, dan juga untuk tetap bersemangat dalam menulis. Beliau juga sedikit bercerita mengenai ‘dapur’ Kompas, dimana tiap harinya ada 100 artikel yang masuk, oleh karena itu perlu latihan, niat, dan motivasi yang tinggi.

 

Acara workshop diakhiri dengan diskusi antara narasumber dan para peserta yang sangat antusias. Mengingat keterbatasan waktu, dalam acara workshop singkat kali ini peserta tidak sempat mempraktekkan kiat-kiat menulis yang sudah dipaparkan oleh para narasumber. Namun, untuk kedepannya, akan direncanakan pelaksanaan workshop menulis, dimana para peserta akan dibimbing oleh narasumber-narasumber yang kompeten dalam bidangnya. (dpl/admin)

 

 

 

 


Anda dapat menghubungi admin kskp melalui email kskpipb@gmail.com atau telp/fax 0251 8625350

No comments.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.