Petani Harus Ramah

image

“Petani jangan saling bersaing dalam harga, harus sering silaturahmi”. Ini adalah salah satu pesan yang disampaikan oleh Ibu Dika Rinakuki, narasumber dalam acara Seminar “Peluang dan Tantangan Ekspor Produk Pertanian”. Seminar ini diselenggarakan oleh Direktorat Kajian Strategis dan Kebijakan Pertanian tanggal 22 November 2014. Ibu Kuki, sapaan akrabnya, menyarankan agar petani jangan bersaing pada tingkat harga. Persaingan harga ini akan menjadi salah satu hambatan bagi petani untuk berkembang.
Pentingnya silaturahmi ditekankan juga oleh narasumber lain, Bapak Dadang S. Munir, untuk meningkatkan peluang bagi pengembangan komoditas dan pasar produk hortikultura. Sesungguhnya peluang dan pasar produk hortikultura masih sangat besar. Tantangannya adalah bagaimana petani bisa mengupayakan atau menjaga daya saing, dalam segi harga, kualitas dan pengiriman.
Seminar yang menghadirkan para petani dari berbagai wilayah di Bogor ini mendapat respon positif dari peserta. Pak Tatang, dari HITACI (Himpunan Tani Citeureup), berbagi cerita tentang kelompok tani Citeureup, komoditas yang diusahakan serta kendala yang sering ditemui petani. Petani berharap kegiatan semacam ini diteruskan dalam bentuk pendampingan teknis. Seperti yang disampaikan oleh Direktur Kajian Strategis dan Kebijakan Pertanian (KSKP – IPB), Dr. Dodik Ridho Nurrochmat, saat ini jumlah penyuluh pertanian sangat terbatas dan kebanyakan untuk komoditas pangan seperti padi dan jagung.
Bapak Dadang juga menyampaikan Indonesia harus menjadi salah satu leading untuk produk-produk hortikultura, terutama buah tropis. Salah satu strateginya adalah dengan membangun klaster, misalnya saja Bogor, bisa dikembangkan menjadi sentra produksi manggis. Jika direncanakan dengan serius dan didukung kebijakan yg tepat, Bogor akan dikenal nasional bahkan dunia sebagai sentra penghasil manggis.
(enw)


Anda dapat menghubungi admin kskp melalui email kskpipb@gmail.com atau telp/fax 0251 8625350

No comments.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.