KEGIATAN PENCANANGAN PENGEMBANGAN HIJAUAN PAKAN TERNAK MENYONGSONG SWASEMBADA DAGING DAN PENGUATAN POTENSI EKONOMI LOKAL

Jpeg

 

Dalam rangka peningkatan akses petani terhadap inovasi teknologi, pasar dan permodalan, Direktorat Kajian Strategis dan  Kebijakan Pertanian (KSKP) IPB bekerja sama dengan PT.ANEKA TAMBANG (ANTAM) melakukan fasilitasi terhadap akses teknologi, permodalan dan  terhadap petani di Desa Antajaya Kecamatan Tanjung Sari Kabupaten Bogor. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas lahan, meningkatkan pendapatan petani dan mendukung program kedaulatan pangan.

Jenis usaha yang dikembangkan adalah budidaya rumput odot seluas 50 ha yang akan dilakukan secara bertahap. PT.ANTAM berperan sebagai pihak yang memberikan kredit bergulir sedangkan IPB berkoordinasi dengan BKP5K Kabupaten bogor berperan sebagai pendamping, baik pendampingan teknis maupun pemasaran. Kegiatan dilakukan pada lahan petani yang tergabung dalam Kelompok tapi Ala Mandiri yang dipimpin oleh Koharudin dan  Koperasi Tani Sinar Sugih Mukti yang di pimpin oleh H.Ahmad Royani.

Berkenaan dengan kegiatan di atas, pada hari Selasa tanggal 5 Januari 2016 dilakukan penanaman perdana rumput odot yang dihadiri oleh Rektor IPB,  Wakil Rektor Bidang Sumberdaya dan Kajian Strategis, Para Dekan dan Direktur dilingkungan IPB ,Direktur CSR Antam, Danrem Bogor,perwakilan Pemda Bogor, KKPH Perhutani Bogor, para kepala desa di Kecamatan Tanjung Sari dan para petani.  Dalam kesempatan tersebut Rektor IPB juga menyerahkan hasil inovasi IPB berupa benih papaya calina, benih cabe varietas Yuni dan Anis, beih tomat tora dan  bibit jambu Kristal.

Selain pengembangan hijauan pakan ternak, potensi ekonomi lokal lain yang berpotensi untuk dikembangkan adalah peternakan sapi, pariwisata, durian si hepe  dan kopi jenis Robusta. Oleh karena itu, selain dari pencanangan penanaman rumput, digelar pula diskusi bertema pengembangan ekonomi lokal dengan menghadirkan nara sumber Rektor IPB Prof. Herry Suhardiyanto, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Prof. Muladno, Direktur KSKP IPB Dr.Dodik Ridho Nurrocmat, Ketua BKP5K Kabupaten Bogor Drh. Soetrisno,MM,, Danrem Bogor Kolonel Fulad, M.Si, Direktur Gunung Walat IPB Dr.Nandi Kosmaryandi  dan Dr.Suryo Wiyono Pakar Pertanian IPB. Diskusi tersebut di pimpin oleh moderator Handian Purwawangsa sebagai Kasubdit Kajian dan Program Aksi KSKP IPB.

Dengan diskusi tersebut, diharapkan potensi-potensi ekonomi lokal khususnya di Desa Anta jaya dan umumnya di Kecamatan tanjung sari dapat tergali dan  semua pihak termasuk pemda, perguruan tinggi kelompok tani dapat bersinergi untuk bersama-sama mengembangkan potensi yang ada. Dengan demikian, dengan adanya acara ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih bagi pembangunan di Kabupaten Bogor.

Selain di Kecamatan Antajaya, IPB bekerja dengan PT.Antam dan BKP5K Kabupaten Bogor sedang menginisiasi pemanfaatan lahan non produktif melalui pengembangan usaha budidaya Lengkuas seluas 50 hektar di Desa Bojong Nangka  Kecamatan Gunung Putri, dan Pengembangan rumput dan pisang seluas 15 hektar di Desa Cikopomaya Kecamatan Jasinga.

Handian Purwawangsa


Anda dapat menghubungi admin kskp melalui email kskpipb@gmail.com atau telp/fax 0251 8625350

No comments.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.