IPB Menggandeng Pemda dalam Membangun SDM Terampil

5555

Pada hari Rabu, tanggal 11 November yang lalu bertempat di Leuit Ageng Resto, Bogor telah berlangsung diskusi yang hangat antara IPB dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen – Papua, Kabupaten Lembata – NTT, Kabupaten Aceh Tamiang – NAD dan Kabupaten Enrekang – Sulawesi Selatan. Rombongan IPB yang dipimpin langsung oleh Rektor IPB, Prof.Dr.Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc, ini dihadiri juga oleh Wakil Rektor Bidang Sumberdaya dan Kajian Strategis, Prof.Dr.Ir. Hermanto Siregar, M.Ec, Direktur Kajian Strategis dan Kebijakan Pertanian, Dr.Ir. Dodik Ridho Nurrochmat, M.Sc.F.Trop dan pejabat IPB lainnya.

Diskusi ini merupakan bagian dari rangkaian kunjungan Pemerintah Daerah mitra Program Diploma IPB terkait dengan pelaksanaan PDD atau program studi diluar domisili. PDD dikembangkan oleh IPB bersama Pemda Kabupaten Aceh Tamiang, Kabupaten Enrekang, Kabupaten Lembata dan Kabupaten Kepulauan Yapen untuk meningkatkan akses pendidikan tinggi bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di masing-masing daerah. Program studi disesuaikan dengan potensi di masing-masing daerah.

Pada diskusi ini, Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Sesar, S.Sos menyampaikan apresiasi bagi Kemenristekdikti dan IPB yang telah menggandeng Pemerintah Daerah untuk pengembangan sumberdaya manusianya, terutama tenaga terampil yang kompeten sesuai keilmuannya masing-masing. Pada hari yang sama juga telah dilakukan Wisuda dan Penyerahan Ijazah bagi lulusan pertama program PDD dari empat kabupaten tersebut. Para Ahli Muda lulusan Program Studi di Luar Domisi ini diharapkan menjadi cikal bakal Akademi Komunitas di daerah masing-masing, dimana Pemerintah Daerah sebagai penyelenggara dan IPB hanya akan berperan sebagai pembina. (enw)


Anda dapat menghubungi admin kskp melalui email kskpipb@gmail.com atau telp/fax 0251 8625350

No comments.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.