IPB Dukung Pengembangan Hijauan Pakan Ternak

IMG_6647

 

Isu kenaikan harga daging sapi yang kerap muncul beberapa tahun terakhir mengingatkan kembali akan pentingnya rencana untuk mewujudkan swasembada daging sapi nasional. Peningkatan jumlah penduduk yang diikuti dengan perubahan gaya hidup berdampak pada peningkatan konsumsi protein, terutama yang dipenuhi dari daging sapi. Berbagai upaya peningkatan produksi daging sapi nasional juga perlu diimbangi dengan penyediaan pakan yang cukup dan berkualitas.

Selama ini, baik Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor maupun Institut Pertanian Bogor masing-masing telah melaksanakan berbagai kegiatan untuk mewujudkan swasembada daging sapi nasional, termasuk dalam penyediaan pakan ternak. IPB, khususnya Fakultas Peternakan juga memiliki berbagai hasil riset dan inovasi yang dapat diadopsi oleh peternak. Berbagai riset dan inovasi tersebut perlu didukung oleh Pemerintah Daerah agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas. Selain akademisi dan pemerintah daerah, upaya ini juga perlu dukungan berbagai pihak termasuk legislatif dan juga dari kalangan bisnis.

Untuk itu, IPB melalui Direktorat Kajian Strategis dan Kebijakan Pertanian menyelenggarakan Dialog Pakar dengan mengangkat tema “Potensi Pengembangan Hijauan Pakan Ternak di Areal Perhutani”. Dialog Pakar yang diselenggarakan pada tanggal 25 Februari 2016 di IPB ini menghadirkan Ir. Yuyud Wahyudin (Ketua Komisi II DPRD Kab. Bogor), Asep Dedi Mulyadi, S.Hut, MM (Ketua HPH Bogor), Ir. Wawan Setiawan H., MM (Bappeda Kab. Bogor), Prof.Dr.Ir. Panca Dewi Manu Hara Karti, M.Si (IPB) dan Ir. Siti Farikah, MM (Kepala Dinas Peternakan dan Kelautan Kab. Bogor.

Diskusi yang dihadiri oleh peserta dari berbagai latar belakang kepakaran ini menghasilkan beberapa poin penting. HPH Bogor sudah mengalokasikan areal seluas 20.000 hektar yang siap dikerjasamakan dengan berbagai pihak, untuk kerjasama usaha di bidang pertanian dalam arti luas.

 


Anda dapat menghubungi admin kskp melalui email kskpipb@gmail.com atau telp/fax 0251 8625350

No comments.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.