Dubes Gontha Kenalkan Potensi Pertanian dan Pendidikan Polandia di IPB

f026f405-1136-470e-a3c5-6f6126d903af_169

Bogor – Duta Besar RI untuk Polandia Peter Frans Gontha memperkenalkan peluang mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk mengembangkan dan melanjutkan pendidikan di Polandia. Polandia adalah negara pengekspor pertanian terbesar untuk Uni Eropa.

Hal tersebut disampaikan Dubes Peter Gontha dalam kunjungannya ke Institut Pertanian Bogor (IPB) pada kegiatan Ambassador Lecture 2017, Jumat (29/9/2017). Jika dilihat dari hubungan ekonomi antara Polandia dan Indonesia, sejak 2009 ada tren yang positif dan terus meningkat.

Kepada mahasiswa dan staf pengajar IPB, Peter Gontha mengawali materinya dengan memperkenalkan dan memberi gambaran umum tentang Polandia. Ada penjelasan secara geografis, luas lahan, jumlah penduduk, aktivitas pertanian, dan sistem pendidikan tinggi di Polandia.

Dalam paparannya, Peter Gontha menyebut sektor pertanian merupakan salah satu sektor strategis bagi Polandia yang 60% hasil pertaniannya diekspor ke negara-negara Uni Eropa. Kondisi geografis yang baik serta infrastruktur dan jaringan transportasi yang terkoneksi menjadi faktor penting yang mendukung Polandia untuk terus berkembang di bidang pertanian.

Dubes Gontha Kenalkan Potensi Pertanian dan Pendidikan Polandia di IPB
Dubes RI Peter Gontha (Dok Istimewa)

Peter menyebut 60 persen dari total luas wilayah Polandia merupakan lahan pertanian. Negara tersebut mencatat ada 18,72 juta hektare lahan yang kini dikembangkan sebagai lahan pertanian, 14,41 juta hektare di antaranya untuk tanaman pangan, 250 ribu hektare untuk orchard serta 4,04 juta hektare untuk padang rumput dan pastures atau peternakan.

Selain sektor pertanian, Peter Gontha menyampaikan dorongan untuk melanjutkan hubungan dan kerja sama dengan pendidikan tinggi di Polandia. Sistem pendidikan tinggi di Polandia, kata Peter, sudah berkembang lama.

Ini ditandai dengan keberadaan Universitas Jagiellonian yang sudah berdiri sejak abad ke-14. Polandia pun sudah tidak asing dengan mahasiswa dari luar negeri. Sejak abad ke-15, tercatat lebih dari 40% mahasiswa di Polandia berasal dari luar negeri.

Saat ini, jumlah mahasiswa asing asal Indonesia masih tercatat sedikit, bahkan dari segi rasio masih kalah dibanding negara tetangga Malaysia. Ke depan, Polandia patut dipertimbangkan sebagai pilihan untuk melanjutkan pendidikan tinggi, baik untuk gelar master maupun doktor.

Ambassador Lecture merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan Direktorat Kajian Strategis dan Kebijakan Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB). Setiap tahun, IPB selalu menghadirkan para duta besar negara-negara sahabat.

“Secara khusus, pelaksanaan kegiatan Ambassador Lecture ini bertujuan untuk memberikan wawasan terkait pembangunan ekonomi dan pertanian di Polandia, sebagai salah satu negara penyuplai bahan pangan terbesar untuk Uni Eropa,” kata Eny Widia Astuti, Ketua penyelenggara Ambassador Lecture 2017.
(fay/imk)

sumber : https://news.detik.com/berita/d-3664201/dubes-gontha-kenalkan-potensi-pertanian-dan-pendidikan-polandia-di-ipb


Anda dapat menghubungi admin kskp melalui email kskpipb@gmail.com atau telp/fax 0251 8625350

No comments.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.